Menggunakan Macro di Microsoft Excel


Pada Microsoft Excel terdapat fungsi untuk membuat macro secara otomatis yang dapat disimpan lalu dijalankan kembali. Fungsi ini dapat menjalankan record macro secara otomatis men-generate semua tindakan kita ke dalam bahasa Visual Basic sehingga tidak perlu lagi mengetik kode Visual Basic untuk membuat Macro. Berikut adalah langkah-langkah melakukan record basic pada Ms. Excel
1.masukkan data yang ingin kita record macro. Kali ini memasukkan contoh data nilai siswa.
1a
2. Jika data nama siswanya berada di satu kolom maka kita      dapat mengubahnya agar berada di posisi satu baris     Maka daftar mata pelajaran semula berada di bagian baris      atas diubah menjadi bagian kolom paling kiri, sedangkan        kolom nama yang tadinya berada pada kolom kiri diubah        menjadi bagian baris di atas.
     Yaitu dengan cara sebagai berikut : 
a. Blok semua data , lalu klik kanan pilih copy (Ctrl+C)
2a
b. Lalu cari cell yang baru, dan klik kanan pilih transpose pada paste options
2b3. Kemudian hapus kolom A hingga muncul hasil berikut:
3
5. Lalu mulai lakukan Record Macro, pilih tab View lalu              klik Use Relatives References.
4
6. Kemudian pilih lagi tab View lalu klik Record Macro.
5
7. Akan muncul kotak dialog Record Macro. Lalu masukkan shortcut key yang diinginkan misalnya Ctrl + q
6
8.  Berikutnya adalah membuat satu tabel secara manual untuk data satu siswa pertama yaitu data Efi Diah Afrani.
Sisipkan kolom sebelah kanan siswa pertama pada cell B1. Caranya dengan memilih tab Home klik Insert pilih Insert Sheet Coloumns. Lalu sisipkan sebanyak 8 kali.
7a
Sisipkan juga baris sebelah atas nilai pertama (cell A2). Caranya dengan memilih tab Home klik Insert pilih Insert Sheet Rows. Lalu sisipkan sebanyak 2 kali.
7b


9. Lalu tuliskan tulisan pada beberapa cell seperti No, Mata Pelajaran, Semester 3, 4, 5 dll, memindah kolom tabel, memformat garis batas (border), memberikan warna cell, menulis rumus perhitungan tertentu dll sesuai format tabel yang kita inginkan.
810. Jika sudah selesai membuat format yang diinginkan, letakkan pointer pada cell pada nama siswa diurutan ke-3 (cell K1). Lalu buka tab View klik Macros pilih Klik Stop Recording.
9
11. Lalu kita coba kerja macro untuk tabel siswa kedua, caranya tempatkan pointer pada cell nama siswa ke-3 (cell K1). Tekan shorcut key yang telah kita buat sebelumnya Ctrl+q.
12. Jika hasil yang keluar adalah data siswa ke-2 maka itu berarti kita sudah betul.
13. Untuk data yang banyak cukup sekali klik tombol Ctrl+q tetapi tambahkan perintah pada macro. Caranya klik menu macro pilih view macro kemudian klik edit dan tambahkan baris (setelah baris komentar yg ditandai awal dengan ‘…..) tulis = 
Do Until Activecell.Value=””
dan pada bagian bawah sebelum end sub tulisan
Loop seperti contoh berikut:
12
Kemudian jalankan macro tadi dan tunggu beberapa detik kemudian. Maka semua data akan terbentuk seperti data siswa pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar